Partner of FM World

12 Tipe Hati yang Sakit menurut Al-Qurโ€™an

12 Tipe Hati yang Sakit menurut Al-Qurโ€™an

Khazanahalquran , Setelah sebelumnya kita membahas hati yang sehat menurut Al-Qurโ€™an. Kali ini kita akan menyebutkan 12 tipe hati yang sakit. Apa saja hati yang sakit menurut Al-Qurโ€™an?

1. Hati yang Berpenyakit

Yaitu hati yang tertimpa penyakit seperti keraguan, kemunafikan dan suka memuaskan syahwat dengan cara yang haram. ููŽูŠูŽุทู’ู…ูŽุนูŽ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ูููŠ ู‚ูŽู„ู’ุจูู‡ู ู…ูŽุฑูŽุถูŒ โ€œSehingga berkeinginanlah orang yang ada penyakit dalam hatinya.โ€ (QS.al-Ahzab:32)

2. Hati yang buta

Yaitu hati yang tidak dapat melihat dan menemukan kebenaran. ููŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ู„ูŽุง ุชูŽุนู’ู…ูŽู‰ ุงู„ู’ุฃูŽุจู’ุตูŽุงุฑู ูˆูŽู„ูŽูฐูƒูู†ู’ ุชูŽุนู’ู…ูŽู‰ ุงู„ู’ู‚ูู„ููˆุจู ุงู„ู‘ูŽุชููŠ ูููŠ ุงู„ุตู‘ูุฏููˆุฑู โ€œKarena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta, ialah hati yang di dalam dada.โ€ (QS.al-Hajj:46)

3. Hati yang alpa

Yaitu hati yang lalai dari Al-Qurโ€™an. Karena terlalu disibukkan dengan hal-hal duniawi dan syahwat yang menyesatkan. ู„ูŽุงู‡ููŠูŽุฉู‹ ู‚ูู„ููˆุจูู‡ูู… โ€œHati mereka dalam keadaan lalai.โ€ (QS.al-Anbiyaโ€™:3)

4. Hati yang berdosa

Yaitu hati yang menutupi kesaksian atas sebuah kebenaran. ูˆูŽู„ูŽุง ุชูŽูƒู’ุชูู…ููˆุง ุงู„ุดู‘ูŽู‡ูŽุงุฏูŽุฉูŽ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ูŠูŽูƒู’ุชูู…ู’ู‡ูŽุง ููŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ุขุซูู…ูŒ ู‚ูŽู„ู’ุจูู‡ โ€œDan janganlah kamu (para saksi) menyembunyikan kesaksian. Dan barangsiapa yang menyembunyikannya, maka sesungguhnya ia adalah orang yang berdosa hatinya.โ€ (QS.al-Baqarah:283)

5. Hati yang sombong

Yaitu hati yang congkak dan enggan mengakui Ke-Esaan Allah. Ia semena-mena melakukan kedzaliman dan permusuhan. ูƒูŽุฐูŽูฐู„ููƒูŽ ูŠูŽุทู’ุจูŽุนู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ูฐ ูƒูู„ู‘ู ู‚ูŽู„ู’ุจู ู…ูุชูŽูƒูŽุจู‘ูุฑู ุฌูŽุจู‘ูŽุงุฑู โ€œDemikianlah Allah mengunci mati hati orang yang sombong dan sewenang-wenang.โ€ (QS.Ghafir:35)

6. Hati yang kasar

Yaitu hati yang tidak memiliki kasih sayang dan belas kasihan. ูˆูŽู„ูŽูˆู’ ูƒูู†ู’ุชูŽ ููŽุธู‘ู‹ุง ุบูŽู„ููŠุธูŽ ุงู„ู’ู‚ูŽู„ู’ุจู ู„ูŽุงู†ู’ููŽุถู‘ููˆุง ู…ูู†ู’ ุญูŽูˆู’ู„ููƒ โ€œSekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu.โ€ (QS.Ali Imran:159)

7. Hati yang terkunci

Yaitu hati yang tidak mau mendengarkan hidayah dan enggan merenungkannya. ูˆูŽุฎูŽุชูŽู…ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุณูŽู…ู’ุนูู‡ู ูˆูŽู‚ูŽู„ู’ุจูู‡ โ€œDan Allah telah mengunci mati pendengaran dan hatinya.โ€ (QS.al-Jatsiyah:23)

8. Hati yang keras

Yaitu hati yang tidak dapat diluluhkan oleh keimanan. Tak dapat terpengaruh oleh nasehat dan peringatan. Dan ia berpaling dari mengingat Allah. ูˆูŽุฌูŽุนูŽู„ู’ู†ูŽุง ู‚ูู„ููˆุจูŽู‡ูู…ู’ ู‚ูŽุงุณููŠูŽุฉู‹ โ€œDan Kami jadikan hati mereka keras membatu.โ€ (QS.al-Maโ€™idah:13)

9. Hati yang lalai

Yaitu hati yang menolak untuk mengingat Allah dan mendahulukan hawa nafsu dibanding ketaatan kepada-Nya. ูˆูŽู„ูŽุง ุชูุทูุนู’ ู…ูŽู†ู’ ุฃูŽุบู’ููŽู„ู’ู†ูŽุง ู‚ูŽู„ู’ุจูŽู‡ู ุนูŽู† ุฐููƒู’ุฑูู†ูŽุง โ€œDan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingat Kami.โ€ (QS.al-Kahfi:38)

10. Hati yang tertutup

Yaitu hati yang tertutup rapat sehingga tidak dapat ditembus oleh ayat-ayat Allah dan sabda-sabda Nabi. ูˆูŽู‚ูŽุงู„ููˆุง ู‚ูู„ููˆุจูู†ูŽุง ุบูู„ู’ููŒ Dan mereka berkata: โ€œHati kami tertutupโ€. (QS.al-Baqarah:88)

11. Hati yang jauh (dari kebenaran)

Yaitu hati yang melenceng jauh dari cahaya kebenaran. ูุฃูŽู…ูŽู‘ุง ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ููŠ ู‚ูู„ููˆุจูู‡ูู…ู’ ุฒูŽูŠู’ุบูŒ โ€œAdapun orang-orang yang dalam hatinya condong kepada kesesatan.โ€ (QS.Ali Imran:7)

12. Hati yang ragu

Yaitu hati yang selalu diombang-ambingkan oleh keraguan. ุงู†ู‘ูŽู…ูŽุง ูŠูŽุณู’ุชูŽุฃู’ุฐูู†ููƒูŽ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ู„ูŽุง ูŠูุคู’ู…ูู†ููˆู†ูŽ ุจูุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽุงู„ู’ูŠูŽูˆู’ู…ู ุงู„ู’ุขุฎูุฑู ูˆูŽุงุฑู’ุชูŽุงุจูŽุชู’ ู‚ูู„ููˆุจูู‡ูู…ู’ ููŽู‡ูู…ู’ ูููŠ ุฑูŽูŠู’ุจูู‡ูู…ู’ ูŠูŽุชูŽุฑูŽุฏู‘ูŽุฏููˆู† Sesungguhnya yang akan meminta izin kepadamu, hanyalah orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian, dan hati mereka ragu-ragu, karena itu mereka selalu bimbang dalam keraguannya. (QS.at-Taubah:45) Inilah 12 tipe hati yang sakit menurut Al-Qurโ€™an. Semoga hati kita terhindar dari 12 tipe ini. Karena itu perbanyaklah berdoa, ูŠูŽุงู…ูู‚ูŽู„ู‘ูุจูŽ ุงู„ู’ู‚ูู„ููˆู’ุจู ุซูŽุจู‘ูุชู’ ู‚ูŽู„ู’ุจููŠ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฏููŠู’ู†ููƒูŽ Duhai yang membolak-balikkan hati.. Tetapkan hati kami diatas agama-Muโ€ฆ Semoga Bermanfaat Kumpulan doa dan mutiara hikmah