Partner of FM World Whatspp : 081261775397
Pembayaran dengan Transfer BCA, Mandiri

Gol Umtiti pastikan Prancis ke final Piala Dunia 2018

Jakarta (ANTARA News) – Tim nasional Prancis berhasil melangkah ke partai final Piala Dunia 2018 seusai menundukkan Belgia 1-0 dalam laga semi final yang berlangsung di Stadion Saint Petersburg, Sankt Petersburg, Rusia, Rabu dini hari WIB.

Bek Barcelona, Samuel Umtiti, menjadi pencetak gol semata wayang kemenangan Prancis pada menit 51 memanfaatkan situasi sepak pojok.

Berawal dari percobaan tembakan Olivier Giroud yang dihalau Vincent Kompany, Antoine Griezmann mengantarkan umpan dari sepak pojok ke area tiang dekat dan disambut oleh Umtiti yang mengalahkan Marouane Fellaini dalam duel udara demi menanduk bola ke dalam gawang.

Belgia beberapa kali mengancam gawang Prancis untuk menyamakan kedudukan, namun sundulan Fellaini pada menit 65 masih meleset dari sasaran dan percobaan tembakan Eden Hazard pada menit 81 berhasil dihalau oleh bek Raphael Varane.

Prancis sempat berpeluang untuk memperbesar kemenangan mereka ketika pemain pengganti Corentin Tolisso memperoleh peluang di hadapan gawang pada menit 90+6, namun tembakannya berhasil dimentahkan oleh penjaga gawang Thibaut Courtois.

Skor 1-0 untuk kemenangan Prancis bertahan hingga peluit akhir ditiup oleh wasit Andres Cunha.

Baca juga: Prancis vs Belgia imbang tanpa gol babak pertama

Baca juga: Hadapi Prancis, Roberto Martinez ganti lagi skema Belgia

Berkat kemenangan tersebut Prancis mencapai partai final Piala Dunia ketiga mereka. Partai final pertama Prancis pada 1998 di negeri sendiri berbuah trofi Piala Dunia pertama dan satu-satunya skuat Ayam Jantan tersebut. 

Sedangkan pada 2006, mereka dikalahkan oleh Italia di partai final yang sarat kontroversi karena legenda sepak bola negeri itu, Zinedine Zidane, menerima kartu merah usai menanduk dada bek Italia Marco Materazzi.

Di partai final, Prancis akan menanti pemenang laga semi final lainnya antara Kroasia melawan Inggris yang akan bertanding di Stadion Luzhniki, Moskow, pada Kamis (12/7) dini hari WIB.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi FIFA :

Prancis (4-2-3-1): Hugo Lloris; Benjamin Pavard, Raphael Varane, Samuel Umtiti, Lucas Hernandez; N’Golo Kante, Paul Pogba; Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, Blaise Matuidi (Corentin Tolisso); Olivier Giroud (Steven N’Zonzi)
Pelatih: Didier Deschamps

Belgia (3-1-4-2-): Thibaut Courtois; Toby Alderweireld, Vincent Kompany, Jan Vertonghen; Axel Witsel; Nacer Chadli (Michy Batshuayi), Mousa Dembele (Dries Mertens), Marouane Fellaini (Yannick Carrasco), Kevin De Bruyne; Romelu Lukaku, Eden Hazard
Pelatih: Roberto Martinez.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018